Minggu, 22 Juli 2012

Cara mendaftar di statscounter dan memasang web tracker di blog

Terkadang pemilik blog yang menggunakan blogspot agak kesulitan mendeteksi lokasi pengunjung yang memberi komentar sebagai anonymous. Beberapa blogger menonaktifkan fitur Anonymous di form komentar blogger tersebut untuk menghindari anonymoys comment yang sifatnya menghujat tanpa kaitan dengan isi /tema postingan. Namun ada cara lain untuk mengetahui lokasi pembuat komentar anonymous tersebut, yaitu dengan memasang script web tracker. Script ini akan merekam informasi tentang IP Address, situs referer, operator seluler, dan beberapa informasi lainnya yang bermanfaat untuk melacak lokasi koordinat (lintang dan bujur) pengunjung tersebut.

Salahsatu situs situs web tracker yang direkomendasikan adalah statscounter, panduan mendaftar dan memasang script di blog bisa dilihat disini web tracker.
Perlu diingat untuk pengguna gratisan hanya dibatasi maksimal 500 record data terbaru yang ditampilkan, agar tidak kehilangan data yang lama sebaiknya menyimpan data record ke format excel.
Dalam postingan ini khusus dibahas tentang bagaimana memanfaatkan data hasil tracing tersebut untuk mendapatkan informasi yang lebih detail.

1. Login ke akun web tracker statscounter
Pilih salah satu blog yang tersedia di daftar project , dalam contoh ini Komputer SEO (sesuaikan dengan project yang anda buat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar